A. MATERI KELAS 7
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data
dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi
Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung
pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
- Computer
Contoh teknologi komunikasi :
- Surat kabar
- Radio
- Telepon
- Televise
Alat pengolah data dari sejak zaman
purba sampai saat ini digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
Peralatan
Manual
→ Peralatan pengolah data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting
dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
Peralatan
Mekanik
→ Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan
secara menual
Peralatan
Mekanik Elektronik
→ Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor
elektronik
Peralatan
Elektronik
→ Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan
sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di
Asia kecil dan masih digunakan di beberpa tempat hingga saat ini, dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada
sebuah rak. Para pedagang pada masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kakulator
Roda Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal
(1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut
sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu
ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan
hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator
Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan
filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline
dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat
mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari
catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan
alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.
4. Kalkulator
Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar
menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator
mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis
dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan
hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar
membantu membangun era komputasi mekanik.
Perkembangan komputer berdasarkan
genersi :
1) Komputer
generasi pertama ( 1940 – 1959 )
Ciri :
Menggunakan
tabung hampa pd sirkuitnya
Program hanya
dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran fisik
sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat panas,
perlu mesin pendingin
Proses lambat
Kapasitas
sedikit
Butuh data
listrik besar
Aplikasi
terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM
Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2) Komputer
generasi kedua ( 1959 – 1964 )
Ciri:
Menggunakan
trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran fisik
lebih kecil
Menggukana
program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa
memori cukup besar
Menggukana
simpanan luar magnetic disMempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Proses
operasi lebih cepat
Membutuhkan
daya lebih kecil
Aplikasi
lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC
SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3) Komputer
generasi ketiga ( 1964 – awal 80-an )
Ciri :
Menggunakan
IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan
software
Proses
pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai
kapasitas memory lebih besar
Menggunakan
penyimpan luar
Daya listrik
lebih hemat
Menggunakan
multi processing
Menggunakan
visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat
berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108,
UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4) Komputer
generasi keempat ( awal 80-an – sekarang )
Ciri :
Berukuran
lebih kecil
Harga
relative murah
Mecul PC
(personal computer)
Terdapat
aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan
VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan
chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I,
Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT,
Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5) Komputer
generasi kelima ( computer masa depan )
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale
Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource
Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana
yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana
computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan
internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan
dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal
sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau
data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan
computer
1. Menyalakan
stabilizer
2. Menyalakan
power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan
power pada monitor
4. Menunggu
computer loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu
beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1. Klik
tombol start
2. Pilih
shut down atau turn off
3. Klik
OK
4. Tunggu
beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan
tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat
masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital
camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat
proses (process device)
a. Motherboard /
Mainboard
b. CPU /
Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat
simpan (storage device)
a. Primary
storage : ROM, RAM
b. Secondary
storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat
keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat
tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem
Operasi
a. Basis teks
(CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis grafis
(GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program
Utility
a. File Viewer :
ACDSee, Adobe Reader
b. Sytem Utulity
: program Scandisk, hardware monitor, file compression, security program
(antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa
Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program
Aplikasi
a. Program
pengolah kata
b. Program
pengolah angka
c. Program
presentasi
d. Program
multimedia
0 komentar:
Posting Komentar