Batman Begins - Help Select
sELAMAT DATANG SUKSES TRUS YAA^^ GOD BLESS YOU
HAVE FUNN JGN GALAU TRUS YAA HAHA^^

Kamis, 12 Desember 2013

Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Sel


1.     Membrane tersusun oleh lipopatrein dan glikoprotein. Membrane sel berfungsi untuk mengatur pertukaran zat, sebagai pelindung, tempat menerima rangsangan, tempat pengenalan reaksi kimia.



2.     Nucleus disusun oleh membrane selaput nucleus yang terdiri dari dua lapis, memiliki pori, di dalamnua terdapat nukleoplasma, kromosom, dan nucleus. Fungsi nucleus adalah sebagai tempat pengendalian aktivits sel, tempat DNA yang berfungsi sebagai factor keturunan.


3.     Reticulum endoplasma strukturnya berupa system yang berliku-liku, ada dua macam RE (Retikulum endoplasma kasar yang terdapat kromosom di dalamnya dan reticulum endoplasma halus yang tidak memiliki kromosom). Fungsi RE adalah untuk tempat sintesis dan transportasi berbagai macam zat kimia, melalui sisterna, RE kasar mentransportasikan protein, RE halus mentransportasikan lipid dan senyawa steroid.
4.     Kompleks golgi strukturnya  merupakan kantong yang berbentuk pipih yang disebut sisterna, susunannya seperti jala, pada tumbuhan disebut diktiosom,  mengandung zigomen (enzim yang belum aktif).
5.     Fungsi kompleks golgi adalah untuk menarik makromolekul yang kaya karbohidrat, pembentuk lisosom, penyusun bahan-bahan pembentuk dinding sel pada tumbuhan.
6.     Ribosom tersusun oleh RNA protein, terdiri dari dua unit,\ yaitu sub unit besar da sub unit kecil. Fungsinya adalah sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein.
7.     Mitokondria strukturnya memiliki dua lapis membrane, terdapat DNA didalamnya terdapat bayak ruang-ruang yang dipisahkan Krista, pada ruang didalamnya terdapat berbagai macam enzim untuk respirasi pada daur kreb’s. fungsi mitokondria adalah sebagai tempat respirasi aerob.
8.     Lisosom strukturnya memiliki satu lapis membrane, emngandung enzim pencerna hidrolitik. Fungsi lisosom adalah untuk mencerna bahan-bahan dari luar sel (heterofagi) dan bahan yang tidak terpakai dari dlam sel (autofagi).
9.     Badan mikro strukturnya selaput membrane satu lapis, terdapat enzim di dalamnya (Khasanah, dkk,2004 : 140-141)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...